Header Ads


Polisi Paniai Kelabu Aktifitas Masyarakat Di Deiyai



CERPEN - 12 November 2018 lalu. Satlantas Wilayah Kabupaten Paniai masuk di wilayah kabupaten Deiyai tanpa mengetahui pihak-pihak terkait katanya mau suipin. Melihat hal itu ratusan massa demo ke Kantor Polsek Wagete Deiyai Papua Indonesia, pada tgl (12/11/18) bertempat di Tigidoo Kabupaten Deiyai Provinsi Papua.

Dulu tempat ini tidak pernah polisi menjalankan suipin. Tapi tempat ini kemaring sudah menjalankan suipin. Tempat ini sudah menjadi tempat pengumpulan puluhan polisi Indonesia dengan senjata milik negara. Hal baru yang terjadi ini. Mereka menjagokan terhadap masyarakat biasa. Kasihan terhadap masyarakat setempat. Mereka suipin hanya masyarakat setempat saja. Sedangkan masyarakat non setempat kasih lewatkan saja. Ini menjadi tanda tanya?.

Oleh karena itu, Masyarakat Deiyai dengan serius mendesak kepada kepala Polsek Paniai. Karena kenapa Polsek Paniai datang melakukan suipin pada siang-siang. Mereka datang tanpa meminta permisi kepada Polsek Wakeitei untuk menjalankan suipin. Menjadi masalah, masyarakat bersama pemuda ambil ahli dalam kesempatan darurat tersebut. Berusaha supaya polisi harus tinggalkan setempat. Tapi polisi masih tetap pada setempat. Masyarakat tambah emosi suasana tidak aman keadaan pada hari itu tambah panas, masyarakat melawan pihak polisi yang sedang suipin terhadap ojek-ojek itu. Dan terhadap masyarakat biasa.

Kalau di kota lain seperti Nabire, Jayapura, Polisi dorang suipin hanya pagi saja bukan siang-siang lagi. Kalau suipin di Deiyai ini hal baru. Jadi masyarakat setempat tidak takut terhadap pihak keamanan polisi karna masyarakat setempat tidak bersalah.

Bersalah hanya pihak keamanan. Karena mereka salah yang pertama, adalah kenapa mereka jalankan suipin pada siang-siang. Yang kedua mereka jalankan suipin keluar dari batas wilayah. Ketiga kenapa mereka suipin terhadap orang Papua saja, sedangkan non Papua mereka hanya kasih lewatkan saja. Sekarang ini menjadi tanda tanya besar? untuk kedepan juga. Pihak polisi dan warga setempat juga harus mengikuti aturan yang berlaku. Jangan mendatangkan keributan antar masyarakat dgn pihak polisi.

Akhirnya masyarakat Deiyai membubarkan aksi suipin polisi satlantas Paniai ke wilayahnya.


Karya: Jefri Giyai

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.