Header Ads


Mahasiswa Unipa Menggunakan Busana Koteka Dalam Pemaparan Materi Di Kampus

Foto: Di akun FB KP


Manokwari, KABARKEDEGAPO - Mahasiswa Universitas Papua UNIPA Manokwari, fakutas Sastra  Dan Budaya jurusan Antropologi Yosep Iyai, Semester IV, mewarnai ruangan dengan busana adat suku mee Pegunungan Tengah Papua , Rab,06/06/2018.

Mahasiswa Antropologi UNIPA ini, melontarkan materi di dalam ruangan sementara suasana UAS di kampus untuk mengganti nilai salah satu mata kuliah pada semester ini.

Menggunakan atribut budaya busana laki-laki koteka adalah inisiatif sendiri untuk menunjukan jati diri sebagai anak koteka yang terlahir dibalik Pengunungan Tengah Papua.

Hal tersebut diungkap oleh pemakai koteka Yosep Iyai, ketika ditemui  rencana menggunakan koteka dari dulu tetapi, momen tidak pas, kemudian berkali-kali belajar budaya dikelas antropologi, namun tidak praktek jadi, hari ini terungkap kerinduan hati saya yang tertunda-tunda selama ini” katanya.

Iyai menjelaskan bahwa walaupun mereka (Mahasiswa lain) ejekan saya berang kali saya tidak malu untuk menggunakan atribut adat karena, itu ideologi identitas yang leluhur wariskan kepada orang mee melalui moyang kita.

Melestarikan budaya kapan saja, diamana saja menggunakan atribut budaya. harapanya mahasiswa sastra dan budaya jurusan antropologi yang selalu memikul noken anggrek itu.

Yosea Douw

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.